Berita  

3.000 Eks Kombatan akan Terima Kebun, KPA Serahkan Nama-nama ke Menteri ATR

3.000 Eks Kombatan akan Terima Kebun, KPA Serahkan Nama-nama ke Menteri ATR

BANDA ACEH – Sebanyak 3.000 eks kombatan GAM dipastikan mendapat kebun jadi (siap pakai) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Pemberian kebun itu sebagai bentuk realisasi salah satu butir perjanjian damai antara GAM dan Pemerintah Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Reintegrasi Aceh (BRA), Azhari Cagee, yang juga Juru Bicara (Jubir) Komite Peralihan Aceh (KPA), setelah tim KPA menggelar pertemuan dengan Wakil Ketua MPR RI, H Ahmad Muzani, dan Menteri ATR, Sofyan Jalil, di Gedung Nusantara III, Kamis (24/3/2022).

Azhari Cagee mengatakan, pertemuan tersebut membahas tentang pembangunan kebun bagi eks kombatan yang berjumlah 3.000 orang seperti tertuang dalam perjanjian MoU Helsinki.

Mantan menteri pertahanan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Zakaria Saman alias Apa Karya, berbicara dengan eks kombatan GAM jebolan Tripoli, Libya, yang mengunjungi kediamannya di Kecamatan Keumala, Kabupaten Pidie, Selasa (22/3/2022). (SERAMBI/M NAZAR)

“Ini adalah yang keempat kali membahas tentang pembangunan kebun bagi eks kombatan yang berjumlah 3.000 orang seperti tertuang dalam MoU Helsinki,” kata Azhari saat menghubungi Serambi dari Jakarta, kemarin.

Ia menyebutkan, rombongan KPA dipimpin oleh Wakil Ketua KPA, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak.

Didampingi Tgk Aiyub Abbas (Bupati Pidie Jaya) dan Azhari Cagee, Abu Razak menyerahkan nama-nama eks kombatan yang diusulkan mendapat kebuh dimaksud kepada Menteri Sofyan Jalil untuk segera disertifikasi lahan dan dibangun kebun bagi eks kombatan sesuai MoU Helsinki.

“Dalam pertemuan tadi (kemarin-red) sudah disepakati oleh Pak Menteri Agraria bahwa tiga ribu eks kombatan tersebut segera diproses dan disertifikasi lokasi lahannya di Aceh Timur yang luasnya sekitar 15 ribu hektare,” kata Abu Razak.

Baca juga: 20 Personel Satreskrim Dapat Penghargaan, Sukses Ungkap Kasus Penembakan Eks Kombatan GAM 2×24 Jam

Baca juga: Tiga Ribu Eks Kombatan akan Terima Kebun, KPA Serahkan Nama ke Menteri ATR

Abu Razak dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Muzani yang sudah memfasilitasi, sehingga kebun untuk eks kombatan segera tersedia.

“Beliau menambahkan, sebenarnya yang akan diberikan bukan hanya tiga ribu eks kombatan, tapi juga ada tapol dan napol puluhan ribu orang.



#Eks #Kombatan #akan #Terima #Kebun #KPA #Serahkan #Namanama #Menteri #ATR

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.