Berita  

VIDEO Peneliti Warisan Aceh Nusantara Paparkan Hasil Temuan Situs Singkil Lama ke Bupati Dulmusrid

VIDEO Peneliti Warisan Aceh Nusantara Paparkan Hasil Temuan Situs Singkil Lama ke Bupati Dulmusrid

Laporan: Dede Rosadi | Aceh Singkil

Sejutateman.id, SINGKIL – Arkeolog, sejarawan dan antropolog yang tergabung dalam Yayasan Warisan Aceh Nusantara (Wansa) paparkan hasil penelitian di situs Singkil Lama, kepada Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Selasa (22/3/2022).

Penelitian itu turut didukung Dinas Pendidikan Aceh serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Hasil eskavasi dan observasi, tim menemukan pecahan keramik, besi, logam, batu bata, genteng dan kuburan yang diperkirakan dari abad ke-17 akhir sampai awal abad ke-19.

Temuan tersebut menjadi bukti sejarah, bahwa Singkil Lama, merupakan pusat perdagangan dunia di sektor rempah-rempah. 

Sejarah mencatat, komoditas rempah-rempah pada masanya merupakan barang bernilai ekonomi tinggi, seperti kapur barus, bunga lawang dan kayu damar.

Situs masa lampau Singkil Lama, juga masih lengkap. Mulai dari bekas rumah penduduk, rumah pemimpin, makam serta benda-benda peninggalan lainnya.

Ambo A Azis dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh yang masuk dalam tim teknis peneliti Wansa mengatakan, temuan-temuan tersebut mengukuhkan eksistensi Singkil Lama, sebagai sebuah kota perdagangan berkomoditas rempah dengan pembelinya datang dari berbagai negara. Seperti bangsa Melayu dan Eropa.

Pada sisi lain, Azis berharap Pemkab Aceh Singkil, dapat memperhatikan situs Kota Singkil Lama agar peninggalan budaya yang mengandung nilai penting itu tetap dilindungi.

Atas dasar tersebut, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid berharap, tim penelitian dapat lebih mendalam melakukan observasi, sehingga semua fakta sejarah Singkil Lama yang diduga masih tersebar di beberapa titik lainnya segera terungkap.

Narator: Suhiya Zahrati
Video Editor: Hari Mahardhika



#VIDEO #Peneliti #Warisan #Aceh #Nusantara #Paparkan #Hasil #Temuan #Situs #Singkil #Lama #Bupati #Dulmusrid

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.