Berita  

Bus Angkutan Umum Mulai Buka Pemesanan Tiket Mudik, Tarif Angkutan Lebaran Masih Normal

Bus Angkutan Umum Mulai Buka Pemesanan Tiket Mudik, Tarif Angkutan Lebaran Masih Normal

Laporan Herianto I Banda Aceh

Sejutateman.id, BANDA ACEH – Sejumlah perusahaan angkutan penumpang umum seperti Bus JRG, Kurnia Simpati Star dan lainnya, memasuki minggu kedua bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah ini, sudah mulai membuka pesanan tiket untuk mudik antar kabupaten/kota dan luar Aceh.

“Untuk yang pesan secara khusus, memang belum ada, tapi bila ada masyarakat yang ingin pesan tiket mudik satu minggu jelang lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, pesanan tiketnya sudah kita buka dari sekarang,” kata petugas penjual tiket Bus JRG, Farid kepada Serambi, Jumat (8/4/2022) di Banda Aceh.

Farid mengatakan, sejak 1 – 2 Ramadhan, Bus JRG tidak operasi dan baru beroperasi pada puasa ketiga. Sampai hari keenam puasa ini, jumlah penumpang bus JRG maupun penumpang mini bus JRG yang terisi sekitar 60 – 70 persen, dari jumlah tempat duduk yang tersedia. Misalnya untuk tempat duduk bus JRG sebanyak 32 unit, yang terisi sekitar 22 kursi.

• Catat! Vaksinasi Jadi Syarat Mudik 2022, Polda Aceh: Jika Sudah Booster tak Perlu Lagi Tes PCR

“Kecuali pada hari Sabtu dan Minggu, karena banyak masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, umumnya pedagang, belanja barang ke luar kota, antara lain ke Medan, tempat duduk yang terisi bisa mencapai 90 persen. Begitu juga, darinya dari Medan ke Banda Aceh,” ujarnya.

Harga jual tiket Bus JRG, sebut Farid, masih normal berkisar antara Rp 230.000 – Rp 280.000 untuk jurusan Banda Aceh Medan dan untuk jurusan yang sama gunakan mini bus JRG, tarifnya hanya Rp 250.000/orang.

Untuk Bus penumpang setiap hari ada lima unit Bus Besar yang dioperasikan untuk jurusan Banda Aceh – Medan. Jam keberangkatannya di Terminap Bus Batoh, adalah pukul 5.00, 8.00, 8.15, 9.00 dan 10.00 WIB.

Sedangkan untuk mini bus ( Toyota Hiace), jumlah yang kita operasikan setiap hari ada 50 unit lebih. Untuk Jurusan Banda Aceh – Medan, ada 10 unit, Banda Aceh – Langsa ada 10 unit, Banda Aceh -Lhokseumawe ada 10 unit, Banda Aceh Takengon ada 8 unit, Banda Aceh – Barat – Selatan ada 8 unit, Banda Aceh – Singkil ada 4 unit dan lainnya. Untuk pesanan tiketnya langsung ke terminal khususnya di Gampong Lambhuk.

Farid mengatakan, jumlah penumpang mudik dari Banda Aceh ke berbagai daerah di Aceh maupun luar Aceh, dalam masa angkutan mudik Lebaran tahun 2022 ini, tidak begitu banyak. Alasannya, mahasiswa dan anak sekolah banyak yang sudah libur dalam bulan puasa ini. Penumpang bus baru membludak, usai lebaran.

Satu minggu setelah lebaran, mahasiswa dan anak sekolah yang berada di luar Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, akan kembali ke Banda Aceh dan Aceh Besar, untuk masuk sekolah, begitu juga mahasiswanya.



#Bus #Angkutan #Umum #Mulai #Buka #Pemesanan #Tiket #Mudik #Tarif #Angkutan #Lebaran #Masih #Normal

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.