Berita  

VIDEO Loka POM Aceh Tengah Periksa Takjil di Takengon

VIDEO Loka POM Aceh Tengah Periksa Takjil di Takengon

Laporan Romadani | Aceh Tengah

Sejutateman.id, TAKENGON – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Aceh Tengah periksa jajanan berbuka puasa atau takjil di Takengon.

Pemeriksaan keamanan menu berbuka puasa tersebut diikuti oleh Bupati Shabela Abubakar, Kapolres Aceh Tengah, Dandim 0106 Aceh Tengah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pangan, Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Kabag Prokopim Setdakab Aceh Tengah pada Jumat (08/04/2022) pukul 16.21 WIB.

Pengawasan pangan khususnya untuk jajanan berbuka selama Bulan Ramadhan itu dilakukan langsung dengan menguji makanan berbuka puasa yang dijual di beberapa titik kawasan penjaja makanan berbuka di seputaran Kota Takengon dengan menggunakan mobil laboratorium keliling (mobling) milik Loka POM Aceh Tengah.

Uji dari pihak Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Aceh Tengah hasilnya semua sampling jajanan dan makanan pembuka yang tersedia di Kota Takengon aman dan layak konsumsi.

Kepala Loka POM Kabupaten Aceh Tengah, Sri Wardono kepada Serambinews.com mengatakan sample yang diambil berasal dari tiga titik; Pasar Paya Ilang, Pasar Bawah dan Pasar Inpres Takengon.

Pihak Loka POM Aceh Tengah mengambil sebanyak tiga puluh sample, dari 30 sampel tersebut semuanya aman tidak ditemukan mengandung zat berbahaya.

Ia menambahkan selain bulan Ramadhan pihak ya juga rutin mengecek makanan seperti di kantin sekolah agar menjaga makanan anak-anak dari zat berbahaya.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengatakan, pengawalan keamanan produk pangan khususnya selama Ramadhan memberikan perlindungan kepada konsumen agar pangan yang dijual aman untuk dikonsumsi dan sekaligus mengedukasi pedagang takjil atau pedagang pasar, terkait bahan berbahaya yang sering disalahgunakan.

Bupati tetap menegaskan pihak pengelola, apabila nanti ada barang yang telah masuk waktu kadaluarsanya, maka harus segera dikembalikan dan ditarik karena hal itu berbahaya bagi masyarakat dan tidak boleh dijual. Bahkan kalau bisa harus dimusnahkan.(*)

Baca juga: VIDEO Pemkab Aceh Tengah Gelar Rapat Persiapan Sambut Wapres Maruf Amin

Baca juga: Jelang Ramadhan, Shabela Abubakar Harap Kerukunan Beragama Terus Terjaga



#VIDEO #Loka #POM #Aceh #Tengah #Periksa #Takjil #Takengon

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.