Berita  

VIDEO Mengejar Fashilat Amal Ibadah Di Bulan Ramadhan Lewat Tadarus Quran

VIDEO Mengejar Fashilat Amal Ibadah Di Bulan Ramadhan Lewat Tadarus Quran

Laporan Idris Ismail | Pidie Jaya

Sejutateman.id, MEUREUDU – Mentari pagi belumlah keluar dari ufuk sebelah timur, Minggu (10/04/2022). Namun sejenak warga dari kalangan dewasa terutama kaum ibu-ibu dan bapak-bapak terus melakukan melantunkan ayat suci Al-Quran di berbagai sudut meunasah dan masjid.

Kebiasaan bagi puluhan dan bahkan ratusan dari kalangan jamaah rutin ‘Beut Meucocok Ayat’ ini dilakukan usai menunaikan shalat Subuh dengan disertai zikir dan doa.

Mereka memanfaatkan waktu luang di pagi hari untuk mengejar Fashilat amal ibadah di bulan seribu kebajikan ini dengan melantunkan ayat Al-Qur’an dengan dituntun oleh seorang guru baik ustadz maupun ustadzah.

Seperti dijumpai di salah satu meunasah dalam Kemukiman Gampong Lhang Pidie, puluhan kaum ibu-ibu diasuh oleh sang guru, Hj Nurazizah SPd.

Demikian pula halnya di Masjid Jamik Al-Qurban Kemukiman setempat yang diasuh oleh Ustadz Tgk Munzir Yusuf SAg.

“Tadarus secara berjamaah ini selain membaguskan bacaan tajwid dan makhrijul huruf maka di balik itu semua menjadikan amal shaleh yang berlipat ganda terutama membaca ayat Al-Quran terlebih di bulan suci ini, sebab Al-Quran diturunkan di bulan mulia ini (Ramadhan),” sebut Tgk Munzir Yusuf SAg selaku pengasuh dan guru pengajian Tahsin Qur’an Masjid Jamik Al-Qurban Kemukiman Gampong Lhang Pidie, Kabupaten Pidie, kepada Serambi, Minggu (10/04/2022).

“Ini menjadi tardisi masyarakat Aceh dalam setiap sepuluh malam sekali dilakukan khatam Al-Qur’an dengan menghadirkan kenduri sebagai tanda syukur atas keberkahan rahmat Yang Kuasa,” pungkasnya.

Tradisi pengajian ini terus berlanjut di berbagai masjid dan meunasah oleh para remaja pada malam harinya.

Bahkan, hingga menjelang sahur.

Kegiatan ini juga dilanjut dengan membangunkan warga lewat pengeras suara, agar tidak luput dari santap sahur.(*)

Baca juga: Warga Kemukiman Gampong Lhang Pidie Ikut Pengajian Seusai Subuh, Remaja Tadarus Hingga Sahur

Baca juga: Imsakiyah Ramadhan 2022 untuk Wilayah Meureudu Pidie Jaya dan Sekitarnya



#VIDEO #Mengejar #Fashilat #Amal #Ibadah #Bulan #Ramadhan #Lewat #Tadarus #Quran

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.