Berita  

Distanbun Aceh Kembangkan 182 Ha Alpukat Tahun Ini, Termasuk untuk Hijaukan Masjid

Distanbun Aceh Kembangkan 182 Ha Alpukat Tahun Ini, Termasuk untuk Hijaukan Masjid

Laporan Herianto l Banda Aceh

SETAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, dalam pelaksanaan program Safari Ramadhan di Masjid Besar Istiqamah Gampong Simpang Klaping Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, Sabtu (9/4/2022) menanam 34 batang tanaman alpukat dan 50 tanaman bunga, untuk penghijauan dan keindahan lingkungan masjid.

“Kita sangat berharap, 34 batang tanaman alpukat itu yang ditanam di halaman masjid tersebut, dipelihara dengan baik oleh pengurus masjid sampai berbuah,” kata  Ir  Cut Huzaimah MP kepada Serambi, Senin (11/4/2022) di Banda Aceh, ketika dimintai penjelasannya tentang tanaman produktif untuk penghijauan masjid dalam pelaksanaan program Safari Ramadhan 1443 H.

• 6 Cara Alami Atasi Siku Kering dan Tumit Pecah-Pecah, Bisa Pakai Alpukat hingga Minyak Kelapa

Kadistanbun Aceh itu mengatakan, kenapa taman alpukat dipilih menjadi tanaman penghijauan untuk lingkungan halaman Masjid Besar Istiqamah Simpang Klaping, Kecamatan Pegasing itu, karena di sekitar masjid sudah banyak terdapat tanaman alpukat, sehingga untuk memelihara tanaman alpukat yang ada di dalam lingkungan masjid menjadi lebih mudah.

Tanaman alpukat itu, kata Huzaimah, tiga tahun sudah berbuah. Setelah tiga kali Ramadhan, di Halaman Masjid Besar Istiqamah ini, sudah ada buah alpukat.

“Pengurus Masjid yang membutuhkan alpukat untuk minuman berbuka puasa, sudah tersedia, tidak perlu membelinya ke pasar,” ujar Huzaimah.

• Ternyata, Alpukat Bermanfaat bagi Kesehatan: Perbaiki Pencernaan hingga Kurangi Risiko Depresi

Dalam kegiatan Safari Ramadhan 1434 Hijriah tahun ini, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, mendapat tugas dari Pemerintah Aceh, untuk  menata lingkungan Masjid Istiqamah Gampong Simpang Klaping Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah.

Pada saat pelepasan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh ke berbagai daerah, kata Cut Huzaimah, Sekda Aceh, dr Taqwallah M./Kes, dalam pidato pengarahannya mengatakan, Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh yang telah di tugaskan untuk menata lingkungan masjid, tolong dilakukan dengan baik dan bagus. Lingkungan masjid yang terlihat gersang, tolong ditanami dengan tanaman hijau dan bunga, agar lingkungan masjid jadi teduh dan terlihat cantik, dengan berbagai jenis tanaman hijau dan bunga-bunganya.

Banyak masjid yang dibangun di berbagai daerah dan kecamatan, penataan lingkungan masjidnya sangat kurang sekali. Makanya pada tahun ini, fokus dari program Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, salah satunya menata Lingkungan Masjid dengan tanaman hijau dan berbagai jenis tanaman bunga warna-warni.

Beranjak dari pengarahan isi pidato Sekda Aceh itu, kata Cut Huzaimah, dalam kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Besar Istiqamah Gampong Simpang Klaping Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, pihaknya setelah menanam alpukat sebanyak 34 batang di lingkungan masjid, kemudian melanjutkan menanam bunga warna warni sebanyak 50 batang.



#Distanbun #Aceh #Kembangkan #Alpukat #Tahun #Ini #Termasuk #untuk #Hijaukan #Masjid

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.