Berita  

Bukan Barang Bukti, KPK Ogah Robohkan Wisma Atlet Hambalang

Bukan Barang Bukti, KPK Ogah Robohkan Wisma Atlet Hambalang

JAKARTA – Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri menyatakan, bangunan Wisma Atlet Hambalang bukan merupakan barang bukti dari perkara korupsi yang pernah ditangani KPK.

“Info dari teman-teman di Direktorat Pengelolaann Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi) itu (bangunan Wisma Atlet) tidak tekait dengan barang bukti.

Jadi tentu enggak ada kewenangan KPK di dalamnya,” ujar Ali ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri ((KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D))

Ali menanggapi permintaan Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) kepada KPK agar dapat merobohkan bangunan Wisma Atlet Hambalang yang mangkrak.

Menurut Ali, untuk mengeksekusi suatu bangunan yang diduga terkait tindak pidana korupsi, harus dipastikan terlebih dahulu apakah bangunan tersebut termasuk barang bukti atau tidak.

Jika bangunan tersebut merupakan barang bukti, KPK melalui Direktorat Labuksi dapat melakukan eksekusi sesuai putusan pengadilan.

“Terkait itu kita harus lihat dulu sejauh mana bangunan tadi masuk barang bukti apa bukan.

Kalau kemudian itu bagian dari barang bukti maka pengelolaannya tanggung jawab KPK melalui Direktorat Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi,” ucap Ali.

Sebelumnya, Koordinator MAKI Boyamin Saiman menilai, perobohan itu penting agar tidak menjadi “gorengan” politik pada masa yang akan datang.

“Perobohan ini untuk mencegah kasus Hambalang jadi ‘gorengan’ politik masa-masa yang akan datang karena secara hukum sudah selesai,” ujar Boyamin, melalui keterangan tertulis, Senin.

Baca juga: KPK Harap Angelina Laporkan Dalang Korupsi Hambalang

Baca juga: Demi Keanu, Angelina SondakhAkui Enggan Bongkar Dalang Korupsi Hambalang



#Bukan #Barang #Bukti #KPK #Ogah #Robohkan #Wisma #Atlet #Hambalang

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.