Berita  

KKN di Gayo Lues, Mahasiswa IAIN Takengon Dirikan Rumah Pintar

KKN di Gayo Lues, Mahasiswa IAIN Takengon Dirikan Rumah Pintar

Laporan Romadani | Gayo Lues

Sejutateman.id, BLANGKEJEREN – Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) salah satu kelompok mahasiswa Institut Agama Islam Negri (IAIN) Takengon merintis dan mendirikan Rumah Pintar.

Kelompok tersebut tepatnya berada di Desa Paya Kumer Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues mendirikan rumah pintar sejak 28 Maret 2022 lalu.

Awalnya mahasiswa menampung anak-anak dari seluruh elemen terutama lapisan menengah ke bawah agar mereka tidak putus dalam belajar.

Salah satu mahasiswa Mila Gusdiana kepada Serambinews.com, Kamis (14/4/2022) mengatakan pendidikan adalah hak setiap warga negara, tak terkecuali bagi mereka yang hidup di wilayah yang jauh dari perkotaan. 

Mila menjelaskan, penduduk Desa Paya Kumer sekitar 80% warga transmigrasi asal jawa. Ia menyebutkan meski jauh dari pusat kota, kesadaran mahasiswa KKN serta masyarakat bahwa pentingnya dunia pendidikan. “Atas kesepakatan masyarakat dan mahasiswa itu, akhirnya ini menjadi dasar kita merintis rumah pintar, menampung adik-adik yang mau belajar,” kata Mila Gusdiana.

Rumah Pintar itu awalnya bertempat di SDN 5 Tripe jaya peserta yang berasal dari SD tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu antusias anak-anak yang membutuhkan fasilitas pendidikan semakin meningkat.

Akhirnya, tempat rumah pintar dipindahkan di Gedung PAUD milik desa, tepatnya di Dusun Sara Alih desa setempat dengan jumlah peserta semakin banyak dan berfariasi mulai dari tingkat PAUD hinggga SMP.

“Kegiatan kami disini belajar banyak. Seperti, rumah belajar bagi anak-anak, rumah baca, belajar berhitung, kursus bahasa asing seperti bahasa arab dan bahasa Inggris, dan kegiatan lainnya,” ucapanya.

Mila menambahkan, anak-anak butuh motivasi dan dukungan untuk terus mengenal ilmu pendidikan dan teknologi. Ia berharap rumah pintar itu terus berlanjut.

“Jadi saya berharap, anak-anak ini bisa semangat terus untuk belajar dan memanfaatkan betul adanya rumah pintar ini,” tambah Mila Gusdiana.(*)

Baca juga: Minyak Goreng Mahal, Mahasiswa KKN IAIN Takengon Kembangkan Inovasi Produk Minyak Kelapa



#KKN #Gayo #Lues #Mahasiswa #IAIN #Takengon #Dirikan #Rumah #Pintar

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.