Berita  

Warga Tidak Perlu Panik, Data PBI JK Nonaktif Dapat Diaktifkan Kembali

Warga Tidak Perlu Panik, Data PBI JK Nonaktif Dapat Diaktifkan Kembali

“Data peserta yang tidak padan dilakukan penonaktifan dan dapat dilakukan re-aktifasi atau pengaktifan kembali,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh dr Neni Fajar, kepada Serambinews.com, Jumat (15/4/2022).

Laporan Muhammad Nazar I Pidie

Sejutateman.id, SIGLI –  Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) tidak perlu panik, sebab data PBI JK yang dinonaktifkan itu boleh diaktifkan kembali. 

Pemerintah akan melakukan pemutakhiran secara periodik dan sistematis.

Hal itu sesuai Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 146/HUK/2021 Tanggal 26 November 2021 Tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Bulan November 2021. 

“Data peserta yang tidak padan dilakukan penonaktifan dan dapat dilakukan re-aktifasi atau pengaktifan kembali,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh dr Neni Fajar, kepada Serambinews.com, Jumat (15/4/2022).

Ia menjelaskan, penonaktifan  sebagai penerima bantuan pemerintah dilakukan berdasarkan hasil verifikasi dan validasi atas kelayakan untuk masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Lalu, dilakukan pemadanan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) supaya data tepat sasaran dan valid. 

Untuk itu, sebut Neny, dibutuhkan dukungan dari pemerintah kabupaten/kota melalui dinsos dan disdukcapil sehingga proses dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Masyarakat tak Perlu Cemas, Kartu BPJS yang Diblokir dapat Diaktifkan Kembali

Menurutnya, peserta PBI JK yang telah dihapuskan paling lama enam bulan sejak penetapan penghapusan dikeluarkan.



#Warga #Tidak #Perlu #Panik #Data #PBI #Nonaktif #Dapat #Diaktifkan #Kembali

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.