Berita  

Dunia Kutuk Israel Serangan ke Al-Aqsa Lukai 152 Warga Palestina

Dunia Kutuk Israel Serangan ke Al-Aqsa Lukai 152 Warga Palestina

JAKARTA – Dunia internasional mengutuk dan mengecam keras tindakan pasukan Israel yang menyerbu Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, menutup gerbangnya, serta menyerang jamaah yang tidak bersenjata di dalam dan halaman luar masjid tersebut pada Jumat (15/4/2022) pagi waktu setempat.

Sedikitnya 152 warga Palestina terluka akibat bentrokan dengan polisi antihuru-hara di kompleks Al-Aqsa.

Kecaman tersebut datang dari Pemerintah Indonesia, Kerajaan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia, Mesir, Yordania, Iran, dan sejumlah negara lainnya.

Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia juga menentang penyerangan brutal yang dilakukan pasukan Yahudi ke tempat suci ketiga umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dalam laman resminya, menyatakan Indonesia mengecam keras aksi kekerasan bersenjata aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa, yang mengakibatkan seratusan orang luka-luka.

Gas air mata ditembakkan tentara Israel ke dalam Masjid Al-Aqsa saat Muslim Palestina akan salat Subuh, Jumat (15/4/2022). (Twitter Via Middle East Eye via Kompas TV)

“Tindakan kekerasan terhadap warga sipil tersebut tidak dapat dibenarkan dan harus segera dihentikan, apalagi dilakukan di tempat ibadah Masjid Al-Aqsa di bulan suci Ramadhan,” tambah Kemenlu RI dalam keterangan resminya, Sabtu (16/4/2022).

Pernyataan itu juga disampaikan melalui akun Twitter resmi Kemenlu, setelah terjadi bentrok antara warga Palestina dengan polisi Israel di kompleks Masjid al-Aqsa.

Mesir dan Yordania–yang merupakan penjaga situs suci itu–juga mengecam tindakan Israel.

Arab Saudi juga mengutuk dan mengecam pasukan Israel karena menyerbu Masjid Al-Aqsa, menutup gerbangnya, serta menyerang jamaah yang tidak bersenjata di dalam dan halaman luar masjid tersebut.

Baca juga: Iran Kecam Penggerudukan Al-Aqsa oleh Israel

Baca juga: Pengakuan Imam Masjid Al-Aqsa soal Serangan Israel, Ratusan Orang Terluka, Disebut Sudah Terencana

Dilansir dari Arab News, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menganggap eskalasi sistematis ini sebagai serangan terang-terangan terhadap kesucian Masjid Al-Aqsa dan signifikansinya bagi bangsa Islam.



#Dunia #Kutuk #Israel #Serangan #AlAqsa #Lukai #Warga #Palestina

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.