Berita  

VIDEO Warga Pijay dan Pidie Mulai Buru Pakaian Lebaran

VIDEO Warga Pijay dan Pidie Mulai Buru Pakaian Lebaran

Laporan Idris Ismail | Pidie Jaya

Sejutateman.id, MEUREUDU – Jelang lebaran Idul┬áFitri 1443 H, warga di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) dan Pidie mulai memburu pakaian baru ke berbagai pusat pasar di kabupaten tersebut.

Penelusuran Serambinews.com, sejak Sabtu (16/4/2022) hingga Senin (18/04/2022) di kedua kabupaten mulai hari ke-15 Ramadhan warga mulai memburu pakaian baru.

Seperti halnya di Pasar Kota Meureudu, Trienggadeng, Ulee Gle Bandar Dua, Lueng Putu, Bandar Baru masyarakat mulai mengincar berbagai koleksi baju dan celana terbaru.

“Meski belum seramai dua hari jelang lebaran namun masyarakat mulai memburu pakaian baru untuk keluarganya,” sebut Tgk Abdullah warga Kecamatan Meurah, Pijay kepada Serambinews.com, Senin (18/04/2022).

Di pusat pasar Kota Beureunueun, Kecamatan Mutiara, Pidie, para pedagang mengakui sejak memasuki hari ke 15 Ramadhan, sudah diramaikan dengan aktivitas warga berbelanja pakaian.

“Permintaan pakaian lebaran dalam setiap hari rata-rata bisa laku Rp 10 sampai 15 juta dengan keuntungan dibawah 10 persen,” sebut Ardi (24) seorang pedagang pakaian di Kota Beureunueun, Kecamatan Mutiara, Pidie.

Menurut Ardi, tradisi masyarakat Aceh membeli pakaian baru untuk berhari raya merupakan ‘kewajiban’ bagi setiap kepala keluarga.

Hal ini dimaksudkan agar saat merayakan lebaran menjadi lebih meriah.

Diakui Ardi, pada umumnya, puncak transaksi baju lebaran yaitu pada 10 hari di akhir Ramadhan terutama pada sore dan malam hari menyebabkan kondisi pasar menjadi sangat padat.

Berdasarkan pengalamannya dua tahun sebelum pandemi, di puncak warga berbelanja, omset bisa menembus Rp 30 hingga Rp 40 juta setiap harinya.

Namun wabah Covid-19 berdampak pada menurunnya income masyarakat, maka angka transaksi pada 10 hari terakhir hanya berkisar Rp 20 sampai Rp 25 juta saja, begitu ungkapnya.(*)

Baca juga: Puluhan Anak Fakir Miskin Dikhitan Gratis, Polres Pijay Beri Santunan Uang Tunai dan Kain Sarung

Baca juga: Lebaran Dua Pekan Lagi, Warga Pijay dan Pidie Mulai Berburu Pakaian Baru



#VIDEO #Warga #Pijay #dan #Pidie #Mulai #Buru #Pakaian #Lebaran

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.