Berita  

CPNS Lapas Kelas III Lhoknga Ikuti Orientasi Keamanan dan Ketertiban

CPNS Lapas Kelas III Lhoknga Ikuti Orientasi Keamanan dan Ketertiban

Sejutateman.id, JANTHO, – Sebanyak 8 orang CPNS Lapas Kelas III Lhoknga mengikuti kegiatan pemaparan materi tentang Keamanan dan Ketertiban. Kegiatan berlangsung di Aula Lapas Kelas III Lhoknga, Aceh Besar, Selasa (19/4/2022).

Pemaparan diberikan langsung oleh Kasubsie Keamanan dan Ketertiban.

Kegiatan orientasi Kasubsie Keamanan dan Ketertiban diawali dengan perkenalan profil pegawai di subseksi kamtib, dilanjutkan dengan dasar hukum pengamanan di Lapas dan Rutan, mekanisme pengamanan hingga pengenalan terhadap sarana pengamanan yang ada Lapas Kelas III Lhoknga.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengenalan tugas pokok dan fungsi petugas pemasyarakatan terhadap CPNS Tunas Integritas Lapas Kelas III Lhoknga.

CPNS Tunas Integritas diajarkan melakukan penggeledahan badan dan barang, perawatan dan penggunaan senjata hingga teknik penguncian dan pemborgolan. Mereka juga diajarkan tata cara melaksanakan apel pelaksanaan tugas, pemeriksaan terhadap kelengkapan inventaris hingga tata cara penghormatan dan laporan penerimaan Inspeksi dan Kunjungan Dinas.

“Materi keamanan dan ketertiban ini sangat penting untuk mereka pahami agar dapat diimplementasikan secara baik dan benar sesuai SOP yang ada. Ibarat kertas putih, mereka harus dibekali dengan pemahaman yang cukup tentang tugas pokok dan fungsi petugas pemasyarakatan sehingga dapat benar benar menjadi Tunas yang ber-Integritas, terutama dalam melaksanakan tugas pengamanan”, ujar Kasubsie Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas III Lhoknga, Ganda Fernanda.

CPNS Tunas Integritas mengikuti pemaparan materi dengan sangat antusias. Mereka berpatisipasi secara aktif dengan melakukan praktik secara langsung cara pemborgolan, teknik penguncian hingga penggeledahan badan barang.

CPNS Lapas Kelas III Lhoknga Ikuti Orientasi Keamanan dan Ketertiban

“Kami benar benar mendapatkan pengetahuan baru tentang pengamanan. Karena sebelumnya kami sama sekali tidak mengerti cara menggeledah badan dan barang, menggunakan borgol, senjata gas air mata dan peppergun. Ini merupakan sesuatu yang berharga dan sangat penting untuk kami”, ujar Fayzil, salah satu Tunas Integritas Lapas Kelas III Lhoknga. (*)



#CPNS #Lapas #Kelas #III #Lhoknga #Ikuti #Orientasi #Keamanan #dan #Ketertiban

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *