Berita  

Ramadhan dan Pelatihan Pengawasan – Serambinews.com

Menanti dan Mengisi Lailatul Qadar

Oleh: Prof Dr Al Yasa’ Abubakar MA, Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Sebelum ini sudah dijelaskan bahwa puasa Ramadhan merupakan penyegaran dan pelatihan ulang untuk menjaga dan bahkan menumbuhkan kesadaran dan keyakinan tentang adanya pengawasan Allah atas semua perbuatan yang dilakukan seseorang, sebagai langkah penting untuk menumbuhkan kesadaran lain yang lebih tinggi bahwa semua perbuatan mesti dipertanggungjawabkan.

Semua perbuatan baik akan memperoleh balasan baik dan semua perbuatan buruk akan memperoleh balasan buruk.

Tulisan singkat ini ingin menguraikan bahwa pengenalan dan pelatihan (atau pendidikan berkesinambungan dalam arti yang lebih luas) kepada anak-anak dan remaja, mengenai adanya pengawasan dari pemberi tugas kepada orang yang ditugaskan, dan adanya pertanggungjawaban dari orang yang diberi tugas kepada pemberi tugas, merupakan hal penting yang kelihatannya kurang mendapat perhatian.

Menurut penulis, banyak orang, baik yang masih anak-anak maupun yang sudah dewasa, yang merasa aneh ketika kepadanya dilakukan pengawasan dan begitu juga merasa asing dan bahkan bingung ketika dimintai partanggungjawaban.

Hal ini terjadi antara lain karena dia tidak mengenal konsep pengawasan dan pertanggungjawaban secara baik, karena tidak diajarkan secara berkesinambungan.

Dalam pengamatan lepas atas praktek orang tua ketika menyuruh anak atau remaja membeli sesuatu, penulis menemukan aspek pengawasan dan pertanggungjawaban sebagai berikut.

Sebagian orang tua memberikan uang kepada anak dalam jumlah yang lebih besar dari harga barang yang akan dibeli.

Baca juga: Shalat Tarawih dan Shalat Malam (2)

Baca juga: Shalat Tarawih dan Shalat Malam (3)

Sebagian anak, setelah membeli barang yang disuruh ibu atau ayahnya, lalu membeli sesuatu atas inisiatif sendiri (karena ada uang lebih), tanpa ada izin dari orang tuanya.

Sesampai di rumah sebagian anak melapor kepada orang tuanya tentang barang yang disuruh dia beli dan barang yang dia beli atas inisatif sendiri, dan mengembalikan sisa uang.



#Ramadhan #dan #Pelatihan #Pengawasan #Serambinewscom

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *