Berita  

Jalan Redelong-Samar Kilang Terhambat Tiang Listrik

Jalan Redelong-Samar Kilang Terhambat Tiang Listrik

REDELONG – Percepatan proyek pengerjaan ruas jalan Simpang Tiga Redelong-Samar Kilang, Kabupaten Bener Meriah, terhambat tiang listrik milik PLN yang dibiarkan masih berdiri di atas badan jalan yang sudah dilebarkan.

Jumlahnya mencapai 42 batang.

Hal itu terungkap saat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh, HT Ahmad Dadek SH MH bersama Tim P2K melakukan kunjungan kerja ke lokasi proyek, Rabu (20/4/2022).

“Tiang listrik PLN itu bila tidak secepatnya dipindahkan, akan menjadi penghambat percepatan penyelesaian pekerjaan pelebaran dan pengaspalan ruas jalan Simpang Tiga Redelong-Samar Kilang,” kata Ahmad Dadek kepada Serambi yang ikut dalam rombongan.

Dadek menjelaskan, untuk pelaksanaan proyek jalan sepanjang 58 kilometer itu, Pemerintah Aceh telah mengontrakkan pekerjaan dengan sistem multiyears (tahun jamak) dengan anggaran mencapai Rp 228,23 miliar.

Pekerjaan tersebut telah dimulai sejak pertengahan tahun lalu dan akan berkahir pada akhir tahun 2022 ini.

Sementara realisasi fisik sampai saat ini baru mencapai 38,17 persen, masih terjadi minus 14,04 persen dari target progres bulan ini.

“Salah satu faktor penyebabnya adalah 42 tiang listrik PLN itu, yang belum dipindahkan oleh pihak PLN,” imbuhnya.

Baca juga: Proyek Multi Years Jalan Gayo Lues – Abdya Lampaui Target, Pejabat Aceh Optimis Tuntas Sesuai Target

Baca juga: Warga Gelar Aksi Protes Debu pada Proyek Multiyear di Bener Meriah

Padahal dari informasi yang dia terima, beberapa bulan lalu Dinas PUPR Aceh sudah menyurati Kantor PLN di Lhokseumawe yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Bener Meriah, meminta agar tiang-tiang listrik itu dipindahkan.

“Apa hambatannya, pihak PLN sampai sekarang belum memberitahukannya kepada pihak rekanan dan Dinas PUPR Aceh,” tambah Dadek.

Selain masalah tiang listrik, hambatan lainnya adalah belum tuntasnya pembebasan lahan untuk pemindahan terase badan jalan yang akan dilebarkan.

Selain itu, pekerjaan pelebaran badan jalan di STA KM 55+75-57+225 di Desa Samar Kilang juga ditangguhkan karena masih dalam proses hukum proyek DOKA 2018 oleh Kejari Bener Meriah.

Oleh sebab itu, untuk percepatan penyelesaian pekerjaan dan hambatan yang terjadi di lapangan, Kepala Bappeda Aceh meminta kepada rekanan dan Dinas PUPR Aceh untuk terus melakukan koordinasi dengan pihak PLN dan lembaga pengambil kebijakan terkait lainnya di Kabupaten Bener Meriah.

“Kalau pekerjaan jalannya cepat selesai, masyarakat bisa cepat menikmati hasil pembangunan jalan yang dilakukan Pemerintah Aceh,” demikian Ahmad Dadek. (her)

Baca juga: Akmal Ibrahim Minta Akhiri Konflik Para Elite, Dukung Pembangunan Multi Years Contract

Baca juga: 42 Tiang Listrik Hambat Percepatan Proyek Jalan Redelong – Samar Kilang, PLN Diminta Memindahkan



#Jalan #RedelongSamar #Kilang #Terhambat #Tiang #Listrik

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *