Berita  

Sah! Pemkab Simeulue Ambil Alih Kebun PDKS, Menang Gugatan atas PT Kasamagansa

Sah! Pemkab Simeulue Ambil Alih Kebun PDKS, Menang Gugatan atas PT Kasamagansa

Laporan Sari Muliyasno I Simeulue

Sejutateman.id, SINABANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue akhirnya memenangkan gugatan terhadap aset pemerintah daerah setempat berupa kebun di Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) yang sebelumnya dikelola oleh pihak ketiga.

Keputusan menangnya Pemkab Simeulue untuk mengambil alih kembali kebun sawit milik daerah itu dilakukan setelah melalui perjalanan panjang yakni mulai dari PN Sinabang hingga ke tingkat kasasi di Mahkamah Agung (MA).

Hal itu disampaikan Bupati Simeulue, Erli Hasim dalam jumpa pers di Pendopo Bupati Simeulue, Kamis (21/4/2022). 

Bupati Simeulue menjelaskan, bahwa setelah melalui perjalanan yang sangat panjang, di mana PDKS yang beberapa waktu lalu dikelola oleh pihak ketiga yakni PT Kasamagansa, maka Pemkab ingin mengembalikan aset daerah itu yang nanti akan dikelola oleh elemen yang akan ditunjuk Bupati Simeulue.

Dikatakan Erli Hasim, dalam perjalanan gugatan yang dilakukan oleh Pemkab Simeulue, bahwa daerah itu ingin menjadikan PDKS menjadi salah satu subsektor ekonomi yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Simelue.

‘Sebelumnnya dikelola oleh PT Kasamaganda karena terkait dengan MoU perjanjian antara pihak ketiga dengan Pemerintahan Simeulue yang lalu mengikat secara hukum, maka pemerintah harus melakukan gugatan secara hukum,” katanya.

Baca juga: Pemkab Simeulue Kembalikan PDKS ke Daerah Lewat Putusan Pengadilan

Oleh karena itu, untuk keabsahan mendapatkan keputusan secara inkrah, maka Pemkab melalui PN Sinabang menggugat PT Kasamaganda untuk mengembalikan PDKS ke Pemda Simeulue.

“Alhamdulillah, dalam gugatan yang dilakukan, PN Sinabang dalam keputusannya memberikan amar kemenangan kepada Pemda,” jelasnya.

Namun, atas kemenangan itu kemudian PT Kasamaganda melakukan banding ke pengadilan tingkat kedua, yang kemudian  keputusan Pengadilan Tinggi Aceh juga memenangkan Pemda Simeulue terhadap gugatan PT Kasamaganda.

“Namun kemudian di dalam perjalanan, ternyata PT Kasamagansa merasa belum puas,” urainya.

“Merasa belum senang dengan keputusan pengadilan tingkat utama dan pengadilan tingkat banding, mereka melakukan kasasi kepada Mahkamah Agung,” tandas Bupati.

Baca juga: Pemkab Simeulue Gugat KSO PDKS dengan PT Kasamaganda ke Pengadilan, Ini Tujuannya

“Alhamdulillah, kemarin pada tanggal 18 April 2022, Mahkamah Agung melalui keputusan kasasi telah memberikan keputusan inkrah bahwa memenangkan Pemkab Simeulue atas gugatan PT Kasamaganda,” ujar Erli Hasim yang turut didampingi oleh Kabag Hukum dan Kabag Ekonomi Pemda Simeulue.(*)



#Sah #Pemkab #Simeulue #Ambil #Alih #Kebun #PDKS #Menang #Gugatan #atas #Kasamagansa

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *