Berita  

Putin, Ukraina, dan Perang Dunia 3 (XXII) – Jokowi, CPO, dan “Penyakit Ukraina”

Putin, Ukraina, dan Perang Dunia 3 (XXII) - Jokowi, CPO, dan “Penyakit Ukraina”

Oleh: Ahmad Humam Hamid*)

ADAKAH sesuatu yang dapat disamakan antara pandemi Covid-19 dengan perang Rusia-Ukraina yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat global, termasuk petani kelapa sawit di Singkil dan Seuruway, Aceh Tamiang?

Dapatkah bencana alam seperti Covid-19 atau yang sejenisnya, yang sering disebut sebagai bagian dari hukum alam, disamakan dengan bencana buatan manusia, seperti perang?

Jawabannya, tetap saja ya.

Apapun yang bernama bencana tetap berpengaruh terhadap kehidupan manusia, karena bencana tidak berurusan dengan kesenangan dan kebahagian.

Bencana selalu berasosiasi dengan kesusahan, penderitaan, dan bahkan kematian.

Bencana perang Ukraina kini menjadi paling kurang menghasilkan kesusahan dan penderitaan, tidak hanya di lapangan tempat perang berlangsung, namun juga terhadap seluruh kawasan dan rakyat, baik Ukraina, maupun Rusia.

Tidak hanya itu, seluruh dunia kini sedang mendapatkan dampak dari perang itu, namun dengan tingkat kesusahan masyarakat dan negara yang berbeda.

Baca juga: Putin, Ukraina, dan Perang Dunia 3 (XV) – Kinzhal, Mie Razali, Canai Mamak, dan Stringer

Apa yang menjadi pokok perhatian terhadap bencana adalah seberapa besar daya rusak dan daya hancur yang diakibatkan oleh setiap bencana,- perang Ukraina, terhadap manusia.

Ini adalah tentang skala kerusakan, dan kedalaman dari bencana, berikut akibatnya terhadap kesusahan, penderitaan, bahkan kematian yang ditimbulkan.



#Putin #Ukraina #dan #Perang #Dunia #XXII #Jokowi #CPO #dan #Penyakit #Ukraina

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *