Berita  

Banjir Rob Terjang Rumah Warga di Johan Pahlawan

Banjir Rob Terjang Rumah Warga di Johan Pahlawan

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

Sejutateman.id, MEULABOH – Banjir Rob atau gelombang pasang sempat menerjang rumah warga di Desa Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (5/5/2022) menjelang subuh.

Peristiwa tersebut terjadi pada subuh dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB, yang menyebabkan air luapan menggenangi pekarangan rumah warga.

Warga yang mengetahui hal tersebut langsung bergerak bersama aparat desa dengan membuka saluran air yang tersumbat, sehingga genangan air secara berangsur-angsur surut.

“Air tidak terlalu parah, karena ada tanggul penahan ombak, tetapi karena posisi pasir yang sudah setinggi tanggul akhirnya gelombang melompat ke perumahan warga hingga menyebabkan genangan dimana gelombang air hampir mencapai 4 meter,” kota Keuchik Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Romi Saputra kepada Serambinews.com, Kamis (5/5/2022).

Disebutkan, bahwa banjir rob terjadi tersebut masih dalam kondisi aman, namun sempat membuat warga waspada dengan kondisi tersebut, sebab masyarakat setempat pernah trauma akibat pasang purnama yang merendam rumah warga di daerah tersebut yang terjadi sekitar dua tahun yang lalu.

Ia menyebutkan bahwa kondisi tanggul yang dibangun oleh pemerintah saat ini masih mengalami ketinggian yang belum memadai, sehingga menurutnya tanggul itu jika memungkinkan bisa ditinggikan agar lebih aman darigelombang pasang.

“Meski sudah ada tanggul sebagian di Gampong Pasir, warga kita tetap waspada, dengan harapan warga tetap aman dari terjangan gelombang pasang,” kata Romi Saputra.

Disebutkan, untuk saat ini belum semua tanggul tersebut selesai dibangun untuk kawasan Gamping Pasir, sedangkan sebagian lagi sampai ke Kawasan Suak Ujong Kalak masih dinantikan oleh warga agar pemerintah segera membangun tanggul penahan ombak agar perumahan warga aman dari terjangan gelombang pasang nantinya.(*)

Baca juga: Hari Pertama Lebaran, Tiga Kecamatan di Aceh Selatan Terendam Banjir



#Banjir #Rob #Terjang #Rumah #Warga #Johan #Pahlawan

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.