Berita  

106 Ekor Ternak di Bireuen Terindikasi Bergejala PMK

106 Ekor Ternak di Bireuen Terindikasi Bergejala PMK

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

Sejutateman.id, BIREUEN – Sebanyak 106 ekor ternak di Bireuen umumnya sapi hasil laporan tim kesehatan hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan(Disnak dan Keswan) Bireuen menunjukkan gejala klinis terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dinas masih menunggu hasil lanjutan dari tim yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan.

Hal tersebut disampaikan Kadisnak dan Keswan Bireuen, drh Lisa Rozana kepada Serambinews.com, Kamis (12/05/2022).

Disebutkan, tim sudah melakukan pemeriksaan sejak Jumat (06/05/2022) lalu hingga pada Rabu (11/05/2022) di sejumlah kecamatan dan ditemukan 106 ekor ternak dari 34 tempat berbeda di Bireuen mengalami gejala klinis PMK.

“Dari ratusan ekor hewan ternak umumnya sapi yang diperiksa, 106 ekor di antaranya mengalami gejala mengarah kepada PMK, namun belum positif PMK, tim sedang melakukan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya.

Selain itu, tim dari  Balai Besar Veteriner Medan sedang berada di Bireuen dan mengunjungi beberapa lokasi atau tempat ternak yang ditemukan bergejala, hasilnya belum diketahui. “Kemungkinan beberapa hari kedepan diketahui apakah mengalami penyakit PMK atau gejala saja,” ujarnya.

Ditambahkan, sejak beberapa waktu lalu tim Keswan Bireuen melakukan pemantauan dan memeriksa puluhan ekor hewan mulai dari sapi, kerbau, kambing maupun biri-biri dan diharapkan dengan pemeriksaan akan diketahui kondisi ternak di Bireuen dan langkah antisipasi yang dapat dilakukan dalam hal mencegah penyebaran virus mematikan bagi ternak.

Ditambahkan, salah satu langkah yang sudah dilakukan adalah membatasi perpindahan ternak dari satu daerah ke daerah lainnya, selain itu, aktivitas jual beli hewan ternak di pasar hewan sudah dihentikan sementara waktu.

Dua pasar hewan di Bireuen sudah diminta tutup sementara waktu sampai batas yang belum ditentukan, penutupan aktivitas pasar hewan dan perpindahan hewan dipantau tim gabungan Polres Bireuen bersama Disnak Keswan Bireuen.(*)

Baca juga: VIDEO – Tim Dokter Hewan Lakukan Investigasi Hewan Ternak di Aceh Besar



#Ekor #Ternak #BireuenTerindikasi #Bergejala #PMK

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.