Berita  

Saat Ini, Aceh Selatan Sudah Miliki Penangkar Benih Bawang Merah

Saat Ini, Aceh Selatan Sudah Miliki Penangkar Benih Bawang Merah

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

Sejutateman.id, TAPAKTUAN – Kendala Petani bawang merah di pantai Barat-Selatan Aceh (Barsela) untuk mendapatkan benih yang berkualitas dengan harga terjangkau sudah mulai teratasi menyusul sudah hadirnya petani penangkar di Gampong Pucok Krueng, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan yang merupakan binaan Dinas Pertanian setempat.

Kesuksesan Kelompok Tani (Koptan) Subur Jaya yang diketuai, Indra Yani ini menjadi penangkar benih bawang merah telah mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh.

Buktinya, tahun 2022 ini, Koptan tersebut memperoleh bantuan pengembangan areal penangkar benih bawang merah seluas dua hektar.

“Bantuan yang diberikan Pemprov itu dalam bentuk pupuk dan obat-obatan pertanian lainnya. Sedangkan, pengolahan lahanm merupakan swadaya petani sendiri,” kata Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran melalui Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan, Nyaklah SP MM, Rabu (22/06/2022).

Nyaklah yang mengaku baru saja pulang dari Pucok Krueng dalam rangka peninjauan lokasi pengembangan beni bawang merah milik Koptan Subur Jaya.

Baca juga: Pelaku Investasi Aceh Kunjungi Petani Bawang Merah di Pidie

Ia mengaku, selama ini Petani di Aceh Selatan sangat sulit mendapatkan benih bawang merah yang berkualitas dengan harga terjangkau. 

“Karena kendala itu, maka kemudian Bapak Bupati meminta Dinas Pertanian untuk membuat penangkar benih bawang merah.

Untuk mewujudkan itu, lalu Dinas Pertanian melakukan pembinaan terhadap 25 petani penangkar benih bawang merah di Gampong Pucok Krueng, Kecamatan Pasie Raja, yang tergabung dalam Koptan Subur Jaya di bawah pimpinan Indra Sani,” jelasnya.

Indra Yani, yang merupakan Ketua Koptan Subur Jaya sendiri telah diusulkan ke Provinsi sebagai calon petani berprestasi Aceh tahun 2022.



#Saat #Ini #Aceh #Selatan #Sudah #Miliki #Penangkar #Benih #Bawang #Merah

Sumber : aceh.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.